Selasa, 25 Oktober 2016

REFLEKSI CATATAN KEMERDEKAAN-KU



17 Agustus 2016

Aku bangga menjadi orang Indonesia.Aku bangga bisa dilahirkan di tanah tercinta ini. Aku bangga melihat para pejuang-pejuang kemerdekaan yang telah berjuang dimasa-masa lalu, dan bangga melihat mereka sekarang, ketika mereka masih aktif sebagai veteran. Terkhusus perayaan kemerdekaan di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Pak Camat terkhusus memanggil para veteran sebagai tamu kehormatan di lapangan Pramuka Sibolangit. Bahkan memberi kesempatan kepada ketua veteran cabang Sibolangit untuk menjadi pembaca teks proklamasi pada detik-detik kemerdekaan bangsa Indonesia. Salut melihat usaha dan kegigihan para pejuang dahulu.
Sekarang Indonesia sudah merdeka, dan di tahun ke-71kemerdekaan bangsa kita ini,telah terjadi banyak hal-hal yang merisaukan kesatuan dan keamanan bangsa kita. Seperti kasus Arcandra, di dalam sebuah program televisi yang ditayangkan selasa malam dengan tema “Aduh Arcandra”, oleh pendapat sang pendukung dari partai yang sama, kasus ini bisa menjadi sebuah Impeachment kepada Sang Presiden kita. Apa itu…Heran melihat argument-argumen yang beliau sampaikan. Memang bagus ketika hanya untuk mempertanyakan sebuah kecolongan ini. Kok bisa kesekretariatan keprisidenan bisa malpraktek dalam memilih menteri-menteri yang akan duduk dipemerintahan sebagai pembantu presiden. Tapi ketika mengatakan ini bisa menjadi sebuah Impeachment, wau hebat sekali. Dan kalau ini terjadi, apakah tidak akan terjadi kekacauan dinegeri kita ini.
Untung Pak Mahmud MD dalam diskusi tersebut, mempertegas tentang sebuah Impeachment menurut undang-undang yang sudah ditetapkan. Dikatakan bahwa Impeachment bisa terjadi jikalau sang Presiden melakukan perbuatan, seperti korupsi, penyupan, pengkhianatan terhadap Negara, melakukan kejahatan besar yang vonisnya diatas lima tahun, dan melakukan perbuatan tercela yang sudah diatur dalam undang-undang.
Gloria-Sang Anak yang multi talent
Didalam diskusi tersebut juga dibahas tentang masalah Gloria. Dikatakan bahwa dia tidak bisa ikut dalam tim anggota paskibraka. Dikarenakan dia memiliki kewarganegaraan Prancis. Sang Bapak adalah orang  Prancis dan Ibunya adalah orang Indonesia. Ketika teman-temannya akan berangkat ke istana untuk persiapan gladi bersih, dibuat suatu usaha supaya dia tidak melihat teman-temannya yang akan berangkat ke istana. Dikatakan bahwa ia harus diperiksa di rumah sakit dan pergi menjumpai seorang deputi yang sudah menunggu disana. Untung Ibunya melihat hal ini, dan menanyakan kok bisa dia ada disini.
Akhirnya didapati bahwa memang dia disengaja untuk ditinggalkan dan tidak bisa mengikuti teman-temannya yang lain. Tapi setelah melihat sore tadi, diacara penurunan Sang Saka Merah Putih, ternyata, ada sebuah keajaiban. Dia ikut terlibat dalam tim paskibraka tersebut. Bisa bertemu dan berbincang-bincang dengan presiden dan wakil presiden. Bahkan oleh Pihak Kemenpora akan menunjuk Gloria sebagai duta dalam hal kepemudaan nantinya. Sungguh prestasi yang luar biasa.
Segala usaha yang dilakukan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh, pasti akan membuahkan hasil. Meskipun ada tantangan dan rintangan yang menghadang, tidak menjadikan itu sebagai pintu yang sudah tertutup dan tidak bisa dibuka lagi. Namun, melihat rintangan yang seperti itu, pasti ada maksud dibalik itu semua. Dan ternyata memang benar, Gloria memiliki pencapaian yang lebih jika dibandingkan dengan teman-teman paskibraka yang lainnya.
Didalam mengisi kemerdekaan kita ini, kita sebagai pemuda juga harus ikut ambil andil. Tidak boleh berdiam diri saja, dan pasrah menerima nasib. Hidupku sudah begini, aku tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Aku hanya bisa sampai disini. Aku sudah tidak bisa berkembang lagi. Tidak..tidak..itu tidak boleh kita lakukan sebagai pemuda. Tapi kita harus berani mengambil sikap dan membuat sebuah keputusan bahwa hidupku tidak boleh hanya sampai disini, tapi aku harus bisa mencapai next level lagi. Aku harus bisa bertumbuh, dan aku harus bisa berubah kearah yang lebih baik lagi.
Mari kita membuat sebuah karya yang nyata, yang bisa berguna bagi diri kita sendiri dulu, dan kalau bisa berguna bagi keluarga. Dan ditingkatkan lagi, bisa berguna bagi bangsa kita tercinta ini. Terkhusus buat para atlet-atlet yang sedang bertanding sekarang di pesta olahraga olimpiade di Rio-Brasil. Mereka sudah menunjukkan perjuangan yang luar biasa. Berharap tim bulu tangkis ganda campuran kita, bisa mendapatkan emas. Sehingga bisa mengharumkan nama bangsa kita ini dan disaksikan oleh seluruh dunia. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Aspek Ancaman di Hidup Kita dan Covid 19

(Hizkia Bagian satu- Yesaya 36) Siapa yang tidak pernah mendengarkan kata-kata ancaman dalam tiap kehidupan kita? Bisa dipastika...