Sabtu, 02 September 2017

Coworking, Ev Hive dan Saya

Salah satu Coworking Space, Ev Hive

Istilah Coworking  dan konsepnya sebenarnya masih baru bagiku. Tapi dengan semakin melihat dan menemukan sejumlah data-data dan fakta bahwa keberadaan Coworking  ini amatlah vital keberadaannya. Apalagi bagi seorang entrepreneur pemula yang sama sekali tidak memiliki tempat untuk memulai, yang tidak memiliki jaringan baik itu pertemanan secara professional maupun jaringan secara daring.

Walaupun baru dua hari yang lalu event lomba menulis tentang Coworking  dan Ev Hive sebagai penyedia layanan Coworking, baru kuketahui, ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagiku. Mencoba untuk menemukan sejumlah informasi untuk bisa kutuliskan dalam karyaku ini. Dengan menuliskan apa yang kita baca membuat kita bisa semakin belajar dalam menambah ilmu meskipun itu diluar dari bidang yang kita gelutin selama ini. Termasuk mencoba untuk membahas tentang Coworking  ini.

Coworking  mungkin menjadi sebuah jawaban bagi para pemula bisnis (startup) untuk bisa memulai bisnisnya dibidang e-commerce. Apalagi seperti diriku yang selama ini merindukan untuk bisa memulai bisnis baru. Merindukan dikemudian hari untuk bisa membuat media atau portal opini sejenis Seword, Kompasiana, Qureta,Geotimes maupun media-media sejenis lainnya.

Seperti CEO dan pendiri dari IDN Times, yakni Winston Utomo dan William Utomo, memulai startup business mereka dari Coworking . Ev Hive yang dipilih mereka untuk memulai bisnis mereka tersebut. Berencana memulai dari Surabaya, tapi karena melihat kondisi pemegang brand-brand ternama lebih banyak di Jakarta, akhirnya mereka memutuskan untuk memulai dari Jakarta. Dan akhirnya sekarang bisa berkembang dengan sangat cepat platform business mereka, yakni IDN Times. Sebuah portal berita dan opini yang lebih memuat banyak berita tentang apa kesukaan Generasi Millenial maupun generasi Z. Menjaring beberapa penulis yang bisa menjadi contributor yang bisa membahas tentang masalah generasi Y maupun Z. Mulai dari membahas gaya hidup, makanan, minuman, pakaian, kebiasaan mereka dan lain-lain, semakin beritanya trending atau viral, maka si penulis bisa mendapatkan sejumlah bayaran atas berita yang ia sampaikan.   

Sebelum membahas hal yang lebih jauh, mungkin pembaca belum memahami apa itu Coworking  dan Ev Hive. Arti kata Coworking  sendiri atau mungkin lebih tepat diksinya Coworking  space merupakan, sebuah tempat untuk bisa saling bekerja sama. Jadi asal usul katanya, yakni Co yang berarti bersama, working artinya bekerja, sedang space merupakan tempat. Sedang Ev Hive sendiri merupakan Coworking  space itu sendiri yang lokasinya semuanya ada di Jakarta. Berharap dikemudian hari bisa expand ke Medan.

Mengapa Ev Hive. Ev Hive sendiri merupakan Coworking  space yang terbaik sampai saat ini yang ada di Jakarta. Meskipun aku belum pernah kesana, mencoba menjajal segala sarana fasilitas yang ada, tapi ketika mendengar kesaksian dari CEO IDN Times, ternyata mereka adalah orang-orang yang lebih mementingkan hubungan baik dengan pelanggannya. Selalu memberikan pelayanan yang terbaik meskipun itu hari Minggu, yang notabene hari libur. Seluruh petugas Ev Hive adalah orang-orang yang all out ketika dalam bekerja dan ketika memberikan layanan yang terbaik bagi para startup businessman.

Disamping itu harga yang ditawarkan masih dalam kategori terjangkau dan murah. Seperti program Daily Pass, dibandrol dengan harga Rp.50.000 perharinya. Kita bisa mendapatkan Free Wife dengan kecepatan yang super kencang, dan minuman. Bebas seharian ada disana menikmati suasananya, asal bisa tahan lapar aja. Kemudian ada Flexi Desk, yang harganya 1 juta perbulannya. Kategori ini untuk orang-orang yang proyeknya hanya singkat saja, mungkin sebulan selesai, tanpa ada perpanjangan waktu dari proyeknya. Fasitilitas yang ditawarkan adalah Wifi berkekuatan Fiber Optik, coffee, bisa mengakses keseluruh ruangan yang ada di Ev Hive, dan pas kalau ada event yang sedang berlangsung kita bisa ikut nimbrung didalamnya.

Sedang yang ketiga adalah Dedicated Desk, yang mana tipenya hampir sama dengan Flexi Desk, cuma proyeknya kita agak lebih lama. Kita bisa meletakkan sejumlah peralatan kantor, berupa computer beserta printernya, di meja khusus, dan juga diberikan locker. Harganya sebulan sebesar dua juta. Dan keempat adalah program private office. Ini untuk orang-orang yang lebih memilih supaya lebih menikmati privasinya dan merasa tidak terganggu dengan keberadaan tim penyewa lainnya. Harganya agak lebih mahal dari kedua program sebelumnya, berkisar 4 juta perbulannya.

The Maja (Coworking Space Pertama Ev Hive)


Dan sekarang Ev Hive punya 7 gerai lokasi, yakni Ev Hive The Maja (berada di Kebayoran lama); Ev Hive D. Lab dan DIMO yang posisinya berdekatan, ada di Menteng; JSC Hive yang ada di Jalan DrProf Satrio No. 7, karet Kuningan, Jaksel; Ev Hive Tower, yang berada di gedung Internasional Finance Center; The Brezee yang berada di BSD City, Tangerang; dan terakhir Ev Hive Satellite yang berada didalam Gedung Equity Tower lantai 8.

Membangkitkan Entrepreneur Baru


Melihat dunia perkembangan bisnis yang semakin melesat maju, dan aroma persaingan yang mungkin sangat kuat, adalah perlu bagi kita untuk bisa belajar dari orang-orang yang sudah sukses duluan membangun bisnisnya. Kesempatan belajar itu bisa kita dapatkan di tempat-tempat yang tentunya sudah ada penasehat bisnis kita. Dan itu bisa difasilitasi dengan adanya Coworking  space.

Coworking sebagai tempat untuk belajar dan berbagi bersama

Dengan Coworking  Space, memungkinkan kita bisa cepat berhasil. Apalagi bagi kita para pemula yang juga ingin mengembangkan bisnis dalam bidang e-commerce maupun dalam dunia jaringan teknologi internet. Tak percuma pemerintah kita, menjadikan orang sekelas Jack Ma menjadi penasehat bisnis e-commerce kita. Ketika ada banyak Coworking Space yang ditawarkan, memungkinkan kita dalam berbagai informasi dan data akan sangat cepat, dari satu orang ke orang lain.

Apalagi Ev Hive yang berada dipusat Ibukota Jakarta, dimana segala nama perusahaan maupun brand ada disana. Menjadikan Ev Hive sebagai rekan bisnis, dipastikan usaha kita akan semakin melejit perkembangannya.

Dalam membangkitkan perekonomian bangsa kita untuk semakin berada didepan, bidang-bidang e-commerce wajib kita dalami, dan kita kembangkan dengan semaksimal mungkin. Sudah ada mentor, sudah ada tempat seperti Coworking  space untuk memulai bisnis, saya kira itu langkah awal untuk bisa membangkitkan banyak para entrepreneur yang baru. Dan juga faktor yang paling utama adalah adanya kemauan dan bertindak langsung dalam mengeksekusi proposal usaha kita tersebut. Kalau modal saya kira mungkin ada diposisi ke empat dari syarat sebelumnya.


Jadi mari para generasi millennial maupun generasi Z, untuk bisa memasuki bidang baru ini. Sebab peluangnya sudah sangat terbuka dengan lebar. Pemerintah kita juga sangat peduli akan pengembangan ini. Yang pastinya kita akan banyak mendapatkan dukungan. Jadi sekali lagi jangan sia-siakan kesempatan baik ini.

do follow http://evhive.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Aspek Ancaman di Hidup Kita dan Covid 19

(Hizkia Bagian satu- Yesaya 36) Siapa yang tidak pernah mendengarkan kata-kata ancaman dalam tiap kehidupan kita? Bisa dipastika...